Sabtu, 03 November 2012

TERPENOID SEBAGAI ANTITUMOR

Tumor ganas atau yang sering disebut
kanker merupakan penyebab kematian utama
kedua (untuk semua umur) di Amerika Serikat.
Hampir 1 juta individu ditemukan menderita
kanker setiap tahun, sekitar setengah diantaranya
meninggal karena penyakit ini, sehingga
merupakan salah satu ancaman yang utama
terhadap kesehatan. Meskipun usaha pengobatan
kanker secara intensif telah dilakukan, namun
hingga kini belum ditemukan obat yang dapat
mengatasi penyakit tersebut secara memuaskan.
Hal ini disebabkan karena rendahnya selektifitas
obat-obat antikanker yang digunakan ataupun
patogenasi antikanker tersebut yang belum jelas.

 

 



Dari hasil penelitian di atas Ekstrak daun bambu dan friedelin memiliki aktivitas anti-tumor lebih rendah, namun keamanan ekstrak serutan bambu telah dievaluasi, itumenegaskan bahwa ekstrak serutan bambu aman dan tidak memiliki efek samping(Zhanget al, 2004.). Oleh karena itu,ekstrak serutan bamboo memiliki potensi besar untukdikembangkan sebagai anti-tumor makanan kesehatan dan pengobatan alami. Dapatdisimpulkan bahwa friedelin dapat dianggap sebagai salah satu faktor aktif yang palingpenting dalam ekstrak serutan bambu meskipun jarang peneliti untuk menelaah lebihdalam tentang fungsi fisiologis friedelin. Masih belum diketahui apakah terpenoid lainyang terkandung pada ekstrak serutan bambu memiliki efek antitumor yang sesuaimekanisme. Namun, secara keseluruhan,dapat diramalkan bahwa ekstrak serutan bambumemiliki potensi besar untuk diterapkan di bidang yang sesuai yang memiliki aktivitasanti-tumor yang berasal dari friedelin yang merupakan senyawa triterpenoid yang palingdominan.

3 komentar:

  1. dapatkah senyawa friedelin yang semulanya menjadi pencegah terjadinya tumor menjadi asal mulanya tumor terbentuk?

    BalasHapus
  2. menurut artikel yang saya baca senyawa friedelin ini merupakan senyawa bioaktif yang bersifat sitotoksik yang menunjukkan aktivitas signifikan terhadap sel tumor tertentu, dalam hal ini adalah sel tumor leukimia. dan dari uji anti tumor friedelin lebih efisien menghambat sel tumor jenis Hela dan THP1, jadi kesimpulannya friedelin tidak mungkin berubah menjadi penyebab tumbuhnya tumor.

    BalasHapus
  3. senyawa friedelin ini merupakan senyawa bioaktif yang bersifat sitotoksik yang menunjukkan aktivitas signifikan terhadap sel tumor tertentu. dari sepotong artikel tersebut, dapat disimpulkan bahwa senyawa friedelin tidak dapat berubah menjadi penyebab tumor.

    BalasHapus