Jumat, 12 Oktober 2012

KHASIAT DAUN SIRIH MERAH


 Khasiat daun sirih merah telah dimanfaatkan sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Dalam tradisi pengobatan jawa, daun sirih merah telah banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan antara lain bau mulut, keputihan dan Ambien. Kandungan Alkoloid pada tanaman sirih merah berfungsi sebagai antimikroba. Tidak hanya masyarakat jawa saja yang menggunakan daun sirih merah sebagai tanaman obat, manfaat sirih merah juga banyak digunakan untuk pengobatan tradisional yang berasal dari Cina. Pada pengobatan Cina sirih merah digunakan untuk menghentikan batuk atau meringankan gejala batuk, meluruhkan kentut, menghilangkan gatal dan mengurangi peradangan.
Kandungan dan Khasiat Daun Sirih Merah Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan
Apakah kandungan dari sirih merah sehingga bisa digunakan sebagai tanaman obat? Dalam daun sirih merah terdapat senyawa fito-kimia yang mengandung alkaloid, tannin, saponin dan flavonoid. Khasiat daun sirih merah yang lainya adalah untuk megobati berbagai jenis penyakit seperti diabetes militus, batu ginjal, hepatitis, mencegah stroke, asam urat, radang lier, kanker, hipertensi, keputihan, maag , nyeri sendi dan untuk peraatan kulit.
Manfaat sirih merah yang luar biasa ini menjadikan daun sirih merah banyak digunakan sebagai campuran dalam pembuatan obat-obatan herbal. Anda bisa merasakan khasiat daun sirih merah dengan membuat merebus 3-5 lembar daun sirih merah dengan 2 gelas air dan meminumnya secara rutin.

8 komentar:

  1. didalam artikel ini adanya pernyataan kalau kandungan alkaloid pada tanaman sirih merah berfungsi sebagai anti mkiroba, jelaskan apa yang dimaksud anti mkiroba? apakah miroba itu berbahaya untuk tanaman sirih merah itu atau untuk kesehatan manusia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam http://en.wikipedia.org/wiki/Alkaloid dijelaskan
      Alkaloid diproduksi oleh berbagai macam organisme, termasuk bakteri, jamur, tanaman, dan hewan, dan merupakan bagian dari kelompok produk alami (juga disebut metabolit sekunder). Banyak alkaloid dapat dimurnikan dari ekstrak mentah oleh asam-basa ekstraksi. Banyak alkaloid yang beracun bagi organisme lain. Mereka sering memiliki efek farmakologis dan digunakan sebagai obat, seperti narkoba, atau dalam ritual entheogenic. Contohnya adalah anestesi lokal dan kokain stimulan, sedangkan psilocin psychedelic, stimulan kafein, nikotin, morfin analgesik, antibakteri berberin, senyawa antikanker vincristine, yang reserpin agen antihipertensi, sedangkan galatamine cholinomimeric, spasmolysis atropin agen; yang vasodilator vincamine, sedangkan quinidine senyawa anti-arhythmia, sedangkan efedrin anti-asma terapi, dan kina obat antimalaria. Meskipun alkaloid bertindak atas keragaman sistem metabolisme pada manusia dan hewan lainnya, mereka hampir seragam memanggil rasa pahit.

      jadi kesimpulannya mikroba yang berbahaya pada kesehatan manusia

      Hapus
  2. AM → obat pembasmi mikroba, khususnya mikroba yang merugikan manusia.
    Mikroba itu ada yang berbahaya ada yang tidak, karena beberapa mikroba bisa menyebabkan penyakit. Seperti, infeksi dan demam.

    BalasHapus
  3. Antimikroba adalah zat yang dapat mengganggu pertumbuhan atau bahkan mematikan bakteri dengan cara mengganggu metabolisme mikroba yang merugikan. Mikroorganisme dapat menyebabkan bahaya karena kemampuan menginfeksi dan menimbulkan penyakit serta merusak bahan pangan. Antibakteri termasuk kedalam antimikroba yang digunakan untuk menghambat pertumbuhan.

    BalasHapus
  4. Antimikroba adalah suatu zat/obat untuk membasmi jasad renik yang diperoleh dari sintesis atau yang berasal dari senyawa nonorganik khususnya yang merugikan manusia. Antimikroba hanya menghentikan pertumbuhan mikroorganisme.

    BalasHapus
  5. Antimikroba adalah zat yang mampu membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme.
    sedangkan mikroba adalah organisme mikroskopik yang sebagian besar berupa satu sel yang terlalu kecil untuk dapat dilihat menggunakan mata telanjang. Sebagian besar mikroba tidak berbahaya bagi manusia. Namun mikroba ada yang baik dan ada yang jahat.
    mikroba jahat dapat diantisipasi dengan obat dari daun sirih merah, karena daun sirih merah memiliki kandungan senyawa kimia alkaloid yang berfungsi sebagai antimikroba.

    BalasHapus
  6. Antimikroba (AM) ialah obat pembasmi mikroba, khususnya mikroba yang merugikan manusia. Dalam pembicaan di sini, yang dimaksud dengan mikroba terbatas pada jasad renik yang tidak termasuk kelompok parasit.
    Mikroba terdapat dimana-mana, baik di tanah, debu, air ataupun udara. Sebagian besar dari mikroba tersebut tidak berbahaya, tetapi banyak juga yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia dan hewan. Dalam keadaan tertentu mikroba dapat berkembangbiak dan menginfeksi jaringan tubuh dan dapat menular baik antara manusia dengan manusia, hewan dengan hewan ataupun menular dari hewan ke manusia atau sebaliknya, secara langsung atau melalui pangan. Pangan menjadi beracun karena telah tercemar oleh mikroba tertentu, dan mikroba tersebut menghasilkan racun yang cukup banyak yang dapat membahayakan konsumen.

    BalasHapus
  7. Antimikroba adalah senyawa yang berfungsi untuk menghambat kerusakan tanaman dari aktivitas mikroba. Sejumlah bahan antimikroba kemudian dikembangkan dengan tujuan untuk menghambat atau membunuh mikroba pembusuk (penyebab kerusakan tanaman) dan mikroba patogen (penyebab keracunan tanaman).
    Anti bakteri ada yang berbahaya bagi kesehatan manusia, seperti triclosan. zat ini menyebabkan kinerja otot manusia dapat melemah karena zat anti bakteri ini menghambat kinerja otot pada tingkat sel dan mengurang massa otot.

    BalasHapus