Sabtu, 29 Desember 2012

UJIAN SEMESTER KIMIA BAHAN ALAM

UJIAN AKHIR SEMESTER
MATA KULIAH       : KIMIA BAHAN ALAM
SKS                             : 2
DOSEN                      : Dr. Syamsurizal, M.Si
WAKTU                     : 22-29 Desember 2012
PETUNJUK : Ujian ini open book. Tapi tidak diizinkan mencontek, bilamana ditemukan, maka anda dinyatakan GAGAL. Jawaban anda diposting di bolg masing-masing.

 1. Jelaskan dalam jalur biosintesis triterpenoid, identifikasilah faktor-faktor penting yang sangat menentukan dihasilkannya triterpenoid dalam kuantitas yang banyak.
2. Jelaskan dalam penentuan struktur flavonoid, kekhasan signal dan intensitas serapan dengan menggunakan spektrum IR dan NMR. Berikan dengan contoh sekurang-kurangnya dua struktur yang berbeda.
3. Dalam isolasi alkaloid, pada tahap awal dibutuhkan kondisi asam atau basa. Jelaskan dasar penggunaan reagen tersebut, dan berikan contohnya sekurang-kurangnya tiga macam alkaloid.
4. Jelaskan keterkaitan diantara biosintesis, metode isolasi dan penentuan struktur senyawa bahan alam . Berikan contohnya.
 
 
jawaban
1.   
 
dari gambar dapat dilihat bahwa pembentukan triterpenoid adalah dengan cara penggabungan antara ekor C15 atau C20 dari isopren-isopren yang ada. menurut saya faktor penting yang sangat menentukan dihasilkannya triterpenoid dalam kuantitas banyak adalah bagaimana lamanya waktu yang digunakan dalam proses biosintesisnya, katalis, reaksi gugus fungsi yang terdapat dalam senyawa, letak gugus paling berpengaruh didalam struktur. namun menurut literatur yang saya dapat faktor yang mempengaruhinya adalah reaksi-reaksi yang terjadi.
 
2.  jika dalam spektrum IR lebih dikedepankan kekhasan sinyal infra merah yang terserap untuk mengidentifikasi strukturnya intensitas serapannya sedikit namun sudah dapat diketahui strukturnya.
namun jika dalam NMR  kekhasannya adalah dengan cara menyerap data yang didapat dan didapat struktur molekul yang lebih lengkap dan dapat disambung dengan spektrum IR untuk lebih lengkap dalam penentuan struktur senyawa yang ada.
  ini adalah spektrum IR dari Morfin
 
 

dan dari spektrum IR yang ada dapat diketahui struktur morfin yang seperti ini
 
ini adalah spektrum NMR nikotin
 
dan ini adalah struktur yang didapat dari data yang didapat pada spektrum NMR nikotin.
 
 
3.alkaloid bersifat basa disebabkan adanya elektron yang berpasangan pada nitrogen dalam sebuah alkaloid. disini alkaloid dijadikan asam terlebih dahulu agar lebih mudah bereaksi saat bereaksi dengan alkohol. contohnya dalam Isolasi morfin ekstrak yang sebelumnya tidak diasamkan akan membutuhkan waktu yang lama untuk diisolasi. dan dalam contoh lain adalah saat mengisolasi kafein, kafein terlebih dahulu diekstraksi sebanyak tiga kali untuk menyeimbangkan kelarutan antara kafein dan kloroform yang terlalu jauh dalam suasana asam dan contoh terakhir saat isolasi senyawa nikotin yang mana saat isolasi nikotin ditambahkan H2SO4 sebagai penyebab menjadi asam karena saat dalam suasana asam nikotin akan lebih mudah di isolasi.
 
4. biosintesis, metode isolasi dan penentuan struktur tentu sangat berhubungan erat yang mana biosintesis adalah saat kita meneliti proses yang terjadi dalam suatu tumbuhan baik itu proses cara dan pembentukan senyawa dalam tumbuhan tersebut. sedangkan metode isolasi adalah cara yang kita lakukan untuk mengambil senyawa yang terdapat dalam tumbuhan tadi untuk proses penelitian yang kita lakukan baik itu ekstraksi, kromatografi dan lain lain. sedangkan penentuan struktur dilakukan saat kita sudah melakukan isolasi dan diapat hasil lalu kita melakukan penentuan struktur dengan cara kita melewati spektrum IR atau NMR untuk mendapat data yang akan kita bandingkan secara literatur untuk membuat penentuan struktur yang telah kita dapat
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar